KOMPONEN UTAMA MESIN 4 LANGKAH

Komponen Utama Mesin 4 Langkah
Pada mesin kendaraan mesin dibagi menjadi 2 kategori sesuai cara kerjanya yaitu mesin 4 langkah dan mesin dengan sistem kerja 2 langkah.

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai komponen-komponen mesin empat langkah dan cara kerja dari mesin yang banyak digunakan sekarang ini.
Mesin dengan cara kerja empat langkah merupakan mekanisme perubahan bentuk energi dari energi panas ke energi gerak. kerja mesin ini yaitu :
1. Langkah hisap
yaitu pergerakan piston darti TMA (Titik Mati Atas) atau TDC (Top Dead Center) Menuju TMB (Titik Mati Bawah) atau BDC (Bottom Dead Center). Langkah ini menyebabkan Piston menghisap bahan bakar dan udara yang tersalurkan di dalam intake manifold terhisap masuk ke dalam silinder.
2. Langkah Kompresi
yaitu gerak piston dari BDC menuju TDC dimana terjadi tekanan/ kompresi bahan bakar dan udara sehingga campuran bahan bakar dan udara tersebut mempunyai tekanan yang tinggi.
3. Langkah Usaha
Pada langkah ini ketika Piston hampir mencapai TDC terjadi letupan bunga api yang disebabkan oleh busi, pada kendaraan umumnya 8 derajat sebelum TMA terjadi letusan karena tekanan kompresi tersebut piston bergerak dari Titik mati atas menuju titik mati bawah.
4. Langkah Buang
Langkah ini mendorong hasil usaha berupa asap pembakaran dari dalam silinder oleh piston dan pada saat itu juga katup ex-haust terbuka sehingga hasil pembakaran tersebut keluar lewat ex-haust manifold dan diteruskan menuju kenalpot.

Dengan keempat gerakan piston tersebut mesin menghasilkan satu kali langkah usaha. langkah ini diteruskan oleh connecting rod untuk menggerakan propeller shaft menjadi gerakan putar yang pada akhirnya disalurkan oleh rantai atau sabuk sehingga kendaraan dapat bergerak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar